MTQ Kabupaten Bogor ke-45 Dibuka Dengan Pawai Ta’aruf

MTQ Kabupaten Bogor ke-45 Dibuka Dengan Pawai Ta’aruf

Bogor-Bertempat di Perumahan Nirwana Hills Desa Cibinong Kecamatan Gunung Sindur Kabupaten Bogor,Danramil 0621-23/PP dan Tenjo,beserta unsur Muspika Kecamatan Parungpanjang,Senin (4/9/2023)

Hadiri kegiatan pawai Ta'aruf dalam rangka menyambut Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Kabupaten Bogor Ke-45 Tahun 2023 yang dipimpin Drs. H. Burhanudin, Msi (Sekda Kab.Bogor) dan diikuti ± 5.000 orang.

Pawai ini digelar oleh Panitia Musabaqoh Tilawatil Qur'an Tingkat Kabupaten Bogor yang berkolaborasi dengan pemerintah kecamatan se kabupaten Bogor dan dibuka langsung oleh Bupati Bogor H.Iwan Setiawan S.E.

Pawai taaruf adalah pawai perkenalan,arti lainnya dari pawai ta'aruf adalah pawai peragaan sebelum musabaqah tilawatil Qur'an resmi dibuka dengan menggelar pawai ta'aruf keliling menuju tempat acara dilaksanakan. 

Adapun rangkaian kegiatan sebagai berikut :
-Pukul 07.30 Wib, Drs. H. Burhanudin, Msi (Sekda Kab.Bogor) melepas rombongan Pawai Ta'aruf menuju ke depan Kantor Kec. Gunung Sindur.
-Pukul 08.50 Wib, rombongan Pawai Ta'aruf tiba di depan Kantor Kec. Gunung Sindur (Titik Finish).
-Pukul 08.55 Wib, penyambutan rombongan Pawai Ta'aruf dari 40 Kecamatan Wilayah Kab. Bogor yang sudah sampai di titik finish oleh Drs. H. Burhanudin, M.Si,(Sekda Kab.Bogor) beserta Panitia Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Kab. Bogor Ke-45 tahun 2023.

Turut hadir dalam acara Muspika Parungpanjang diantaranya Kapolsek Parungpanjang Kompol Dr. Suharto, S.H., M.H, Danramil 0621-23/PP Kapten INF Mulyadi, Camat Icang Aliudin, S.Pd., S.I.P., M.M., Sekcam Mad Yusro, S.Sos., M.M,Kasatpol PP Acef Sutisna,Ketua MUI, Para kades, Ibu-ibu PKK, Puskesmas, Anak Pramuka.

"Tujuan dilaksanakannya pawai ini adalah untuk meningkatkan silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah sesama umat Muslim serta menyebarkan syiar-syiar Islam di kalangan umat," kata camat Icang Aliudin kepada awak media UTNews Senin (4/9/2023) saat melakukan pawai ta'aruf pada kegiatan tersebut.

Lanjut Camat,Kegiatan Pawai Ta’aruf dilaksanakan kembali untuk menyambut acara musabaqoh Tilawatil Qur'an Kabupaten Bogor yang ke-45 tahun 2023 ini setelah tiga tahun tidak dilaksanakan karena pandemi COVID-19,Tuturnya. 

Dalam kesempatan yang sama Danramil 0621-23 Kapten Inf Mulyadi mengatakan "Melalui momentum perayaan besar Islam seperti pawai ta’aruf ini diharapkan dapat lebih membudayakan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari" jelas Danramil 

Danramil berharap kegiatan Pawai Ta’aruf yang dilaksanakan dapat memberikan semangat terhadap anak-anak, remaja, dan dewasa untuk melaksanakan makna musabqoh Tilawatil Qur'an tahun 2023 ini,

"Saya mengajak kepada semuanya untuk bisa menjadikan musabaqoh tahun ini sebagai sarana untuk kita meningkatkan keimanan serta ketakwaan serta belajar memperdalam nilai-nilai Islami pada Al Quran".Tutup Danramil Kapten INF Mulyadi.

Hadir dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Drs. H. Burhanudin, Msi (Sekda Kab.Bogor),H. Ahmad Syukri, S.S (Kepala Kantor Kemenag Kab Bogor),DR. H. Ade Sarmili, M.Si (Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kemenag Kab. Bogor),Jalaludin Al Mahli (Ketua Panitia MTQ Tingkat Kab. Bogor Ke-45) Drs. Hadijana, S.Sos., M.Si (Ketum LPTQ) K.H Lesmana (Ketua BAZNAS Kab. Bogor) Para Danramil Jajaran Kodim 0621/Bogor,Para Kapolsek Jajaran Polres,Para Camat,Para Kepala Desa di wilayah Kabupaten Bogor,Perwakilan dari berbagai Ormas Wilayah Gunung Sindur,Perwakilan dari Para Pelajar di Wilayah Kabupaten Bogor.

Sementara itu Unsur Pengamanan dalam kegiatan tersebut terdiri dari Koramil 0621-20/Gunung Sindur 12 Orang,Polsek Gunung Sindur 15 Orang, Satpol-PP PP 30 Orang,Dishub 30 Orang,Linmas 50 Orang,Dinkes 10 orang.

Adapun alat peragaan yang digunakan dalam pawai diantaranya 4 Pataka terdiri dari Bendera Merah Putih,Bendera Kementerian Agama,Bendera Kab. Bogor,Bendera LPTQ,40 Papan Nama Kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor, Trompet,convety,marching band ,Kendaraan roda empat yang sudah dihias ± 20 unit,Kendaraan Ambulance sebanyak 5 unit,Kendaraan pemadam kebakaran seb "Red
Diberdayakan oleh Blogger.