Harapan untuk ulang tahun Republik Indonesia ke-78

ADE MANANSYAH : HARAPAN UNTUK INDONESIA DI HUT KEMERDEKAAN RI 78


Hari ini Indonesia akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78 Kemerdekaan Indonesia, pada 17 Agustus 2023, Banyak harapan dalam memaknai HUT RI tahun ini.


Pernyataan tersebut disampaikan Advokat Muda, Ade Manansyah, SH, MH. Menurutnya ada empat harapan besar dalam HUT RI ke-78 tahun ini.


Ade menjelaskan, Pertama, Merdeka dari Kesenjangan. Dalam kurun waktu 78 tahun Indonesia merdeka, namun masih terasa Kesenjangan Ekonomi, Politik, Hukum, Sosial dan Pendidikan.


“Bidang ekonomi sebagian besar masih dikuasai segelintir elite, yang menghegemoni kekuasaan dengan kekuatan finansial. Bahkan, jarak antara si kaya dan si miskin makin jauh, apalagi di Masa pemulihan Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini,” ujarnya dalam press conference yang digelar di kantornya Jl.Tanah Sereal 13 no 8, Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, Kamis, 17 Agustus 2023 Pukul 09:00 WIB


Ia melanjutkan, dibidang sosial dan pendidikan juga sama, masih ada kesenjangan dalam fasilitas bagi saudara-saudara kita di wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal.


“Dan ini sangat pentingnya perhatian dan dukungan dari Pemerintah dalam hal Pendidikan,” kata Obet sapaan akrab Ade Manansyah yang kerab membela kaum tertindas.


Selanjutnya yang kedua, kata Ade, Merdeka dari oligarki serta mafia Hukum. Menurutnya, dalam beberapa bulan terakhir banyak problematika di negara kita terkait hukum tajam kebawah namun faktanya tumpul ke atas, perdebatan terkait dengan mafia Hukum, semakin meruncing. Kebijakan-kebijakan diambil sebagian terasa untuk kepentingan oligarki dengan meminggirkan peran rakyat kecil. 

Selain itu, adanya mafia-mafia di bidang ekonomi dan kesehatan, yang selama ini menghambat perbaikan sistem perekonomian Indonesia.

“Maka dari itu, mari jadikan Indonesia sebagai negara untuk semua. Kelompok yang memegang kendali ekonomi dan kekuasaan, seharusnya mengayomi dan mengangkat rakyat kita, serta para pengusaha pengusaha muda,” tegasnya.


Kemudian ketiga, Merdeka untuk melahirkan pemimpin di masa pemilu 2024, Ade menjelaskan, pepatah kuno menyebut bahwa pemimpin hebat lahir di tengah krisis.

Lalu ke empat harapannya kedepan Indonesia tidak ada lagi provokasi dan saling hidup berdamai sesuai motto kita bhineka tunggal Ika,berbeda tapi tetap satu yaitu Indonesia.harapnya


“Karena itu, masa pemilu 2024 harus jadi semangat bersama untuk bergotong-royong, saling bantu, serta melahirkan pemimpin besar yang mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan kemerdekaan Indonesia,”tutup nya

Reporter:

Editor: MELKY SERIGALA
Diberdayakan oleh Blogger.