Peringati HUT ke -15, Satria Kab. Magelang Gelar Kesenian Tradisional di Pasar Talun Kec. Dukun Seban


MAGELANG - rakyatkunew.com  , Satuan Relawan Indonesia Raya (SATRIA) telah berumur 15 tahun. SATRIA sebagai  salah satu organisasi sayap Partai Gerindra ini tumbuh dan berkembang di seluruh wilayah Indonesia. Tidak terkecuali di Kabupaten Magelang.

“Pada tahun ini, Pimpinan Cabang Satria Kabupaten Magelang akan memperingati hari lahir organisasi pada tanggal 11 Juni 2023. Meskipun hari ulang tahunnya pada tanggal 30 Mei, tapi kami telah memutuskan tanggal untuk peringatan ulang tahun di tanggal 11 Juni. Sedikit terlambat, karena hal ini terkait dengan jadwal peringatan ulang tahun yang menyesuaikan dengan pimpinan cabang lainnya se Jawa Tengah”, ungkap Sutrisna, S.Pd, Ketua PC SATRIA Kabupaten Magelang.

“Tema peringatan ulang tahun SATRIA di Kabupaten Magelang untuk tahun ini adalah mengangkat kesenian tradisional daerah untuk bisa hadir dan menghibur masyarakat kita. Ini adalah acara dari kita, oleh kita untuk masyarakat semuanya”, hal ini dimaksudkan juga untuk meningkatkan elektabilitas Prabowo Subianto dan para calegnya.  imbuhnya.

Pada ulang tahun ke-15 ini, SATRIA Kabupaten Magelang memilih untuk dilaksanakan di sekitar Pasar Talun, Kecamatan Dukun. Hal ini didasarkan atas permintaan beberapa tokoh masyarakat kec. Dukun. “ Kami mengucapkan terima kasih kepada Mas Sutrisna sebagai Ketua PC Satria yang akhirnya menetapkan peringatan ultah Satria tahun ini di Pasar Talun”, ucap Darmawan Sutikno mantan anggota DPRD dari partai gerindra,  sekaligus tokoh masyarakat yang berdomisili di sekitar Pasar Talun.

“Kami tidak mengira usulan kami diterima, mengingat sebelumnya kami mendengar kalau peringatan kegiatan ini akan dipusatkan di Sawitan. Jadi kami warga di Kecamatan Dukun merasa terhormat diberi kesempatan sebagai tuan rumah dalam menyelenggarakan kegiatan skala kabupaten di tempat kami”, lanjut Darmawan Sutikno.

“Benar bahwa sedianya kegiatan ini tadinya akan dilaksanakan di Sawitan. Namun atas usulan dari tokoh masyarakat yang diteruskan kepada PAC SATRIA Kecamatan Dukun. Dan setelah kami konsultasikan kepada Pimpinan Daerah SATRIA Jawa Tengah, kita putuskan untuk tahun ini diselenggarakan di Pasar Talun’, kata Sutrisna.

“Setelah tanggal 28 Mei kemarin SATRIA Kota Magelang menyelenggaran RockDay di lapangan Karanggading, PD SATRIA Jateng menyetujui usulan PC SATRIA Kabupaten Magelang untuk menyelenggarakan peringatan ulang tahun SATRIA dengan nuansa kesenian tradisional daerah. Kebetulan ada dukungan dari tokoh masyarakat di Kecamatan Dukun. Harapan kami, ini adalah bentuk kolaborasi dan komunikasi yang baik antara SATRIA dan masyarakt”, jelas Djoni K., S.M., dari unsur Pimpinan Daerah Satria Jawa Tengah dan 4 Kelompok Seni Tradisional akan ditampilkan

“Panitia telah menyiapkan 4 kelompok kesenian untuk bisa tampil dalam kegiatan ini. Mengingat kegiatan ini berada di sekitar Pasar Talun, atas hasil rembug bersama dengan para tokoh, direncakan kegiatan akan dipecah di 4 tempat berbeda. Hal ini untuk memecah konsentrasi massa sekaligus agar tetap terjaga ketertiban di sekitar pasar”, ungkap Gutriyanto, yang ditunjuk menjadi koordinator lapangan  pada pelaksanaan kegiatan ini.

“Ke-4 kelompok seni ini adalah; Satrio Gempil dari Dusun Tempel Krajan, Desa Krinjing; Badui Putra Muda dari Dusun Babadan 1 Desa Paten; Cakalele Budi Cipta Budaya dari Dusun Trayem Desa Krinjing dan Cahyo Manunggal dari Dusun Babadan 2, Desa Paten” ( DPC Satria Magelang )
Diberdayakan oleh Blogger.