Tingkatkan Manajement Teritorial, Kodim 0505/JT Gelar Latnister TW-2


- rakyatkunews.com ,Jakarta - Kodim 0505/Jakarta Timur, Pelihara kemampuan dan meningkatkan manajement Teritorial, dengan menggelar Latihan Teknis Teritorial (Latnister) bertempat di Aula Makodim, Jln. Dr. Sumarno Pulogebang Kecamatan Cakung, Senin (29/05/23).

Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Kodim 0505/ Jakarta Timur Mayor Inf Agus, pada pelaksanaannya di hadiri oleh Waslat yakni Kasi Ops Korem 051/Wkt Kol Kav Syamsul Arifin,SE,M.Tr (Han), menyampaikan kata pengantar Program kerja Latihan tekhnis teritorial bidang Operasi yaitu Latnister Triwulan- II tahun 2023, Pasi Ops berharap 5 (lima) Kemampuan Teritorial yang dimiliki Babinsa makin meningkat seiring 
tugas pembinaan, penguasaan wilayah Teritorialnya yang makin kompleks.

“Tugas utama sebagai Apkowil (Babinsa) itu diantaranya harus selalu Humanis kepada masyarakat, membantu kesulitan rakyat, mencari solusi yang dibutuhkan warga dan juga ikut serta mendukung pembangunan serta percepatan pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah di tingkat Kelurahan yang bersinergi langsung bersama Aparat Pemerintah, Lurah serta perangkatnya.”ucap Agus

Pasi Ops juga berharap, setelah mengikuti Latnister ini, para Babinsa dapat memiliki, memahami ilmu teritorial dan wawasan yang lebih baik, sehingga kedepannya Babinsa bisa mempunyai kemampuan dan rasa percaya diri dalam melaksanakan tugas, demi kepentingan Bangsa dan Negara sesuai dengan tugas pokoknya sebagai Bintara pembina desa.

Dalam latihan yang berlangsung dari tgl 29 hingga 31 Mei2023 ini, para peserta latnister diberikan materi Lima Kemampuan Teritorial yaitu Kemampuan Temu Cepat Lapor Cepat, Manajemen Teritorial, Penguasaan Wilayah, Pembinaan Perlawanan Rakyat, Komunikasi Sosial dan Sikap Teritorial, yang diaplikasikan dengan praktek di lapangan.

Gumil (Guru Militer) yang memberikan materi, Mayor Arm Ahmad Budiman,S,Sos,M.Si, materi (5 Puanter), Mayor Chb Asep Setiawan (Kemampuan Teritorial), Kapten Inf Supriyatno (Penguasaan Wilayah), Kapten Arm Asnawi (Binwanra), Kapten Inf Irwan Iryanto (Bintahwil), para Gumil mengatakan, Babinsa harus mempunyai kemampuan langsung berkomunikasi langsung dengan seluruh komponen masyarakat.

“Kemampuan Teritorial yang harus dikuasai setiap Babinsa, karena dalam pelaksanaan tugasnya Babinsa secara langsung bersentuhan dengan masyarakat, sehingga bisa menjalin komunikasi yang baik serta mampu memberikan solusi yang terbaik dalam penyelesaian permasalahan di wilayah binaan teritorialnya.” pungkasnya.

Sumber Kodim 0505/Jakarta Timur
Diberdayakan oleh Blogger.